Rabu, 24 November 2010

buku membangun server dg free bsd

5.6.5.3. Faktor Pengulang
Beberapa perintah dapat diulang beberapa kali dengan menambahkan jumlah pengulangan di depan perintah. Sebagai contoh, dd adalah perintah untuk menghapus satu baris. Untuk menghapus 3 buah baris tanpa harus memasukkan perintah dd sebanyak 3 kali dapat digunakan : 3dd.
5.6.5.4. Membatalkan Perubahan atau Penghapusan
Jika kita melakukan kesalahan menghapus tanpa sengaja, kita dapat memperbaikinya dengan menggunakan perintah u atau U. Perintah u digunakan untuk membatalkan perubahan terakhir yang dilakukan oleh pemakai, sedangkan perintah U digunakan untuk membatalkan seluruh perubahan pada satu baris.
5.6.5.5. Mencari String
Editorvi memiliki dua jenis pencarian, yaitu : string dan karakter. Untuk pencarian string, perintah yang digunakan adalah perintah / dan ?. Pada saat kedua perintah ini digunakan, perintah yang diketikkan akan muncul dibagian bawah layar, tempat kita mengetikkan string yang ingin dicari. Kedua perintah ini berbeda hanya pada arah pencarian yang akan dilakukan. Perintah / mencari ke arah bawah, sedangkan perintah ? mencari ke arah atas dari file. Perintah n dan N digunakan untuk melanjutkan proses pencarian yang sebelumnya. Perintah n akan mencari dalam arah yang sama, sedangkan perintah N akan mencari dalam arah yang berlawanan.
5.6.5.6. Berpindah Layar
Editorvi juga menyediakan perintah-perintah untuk berpindah layar dengan cepat tanpa
harus menggerakkan kursor perbaris. Perintah-perintah tersebut adalah :
Tabel 4. Perintah-perintah untuk berpindah perlayar.
Perintah
Keterangan
ctrl-b
berpindah satu layar sebelumnya
109
ctrl-d
turun setengah bagian layar
ctrl-f
turun satu bagian layar
G
turun ke bagian akhir dari file
line no. G
memindahkan kursor ke line tertentu
ctrl-j
naik setengah bagian layar
5.6.6. Penutup
Perintah-perintah yang telah dijelaskan merupakan perintah-perintah dasar pada editorvi. Dengan mengetahui perintah-perintah tersebut, kita sudah dapat melakukan manipulasi pada suatu file teks dan menyimpannya kembali.
Sebenarnya masih banyak perintah-perintah pada editorvi yang memiliki banyak kegunaan antara lain : perintah untuk mengkonversi huruf besar kecil dan huruf kapital, menyisipkan isi dari suatu file, menyimpan sebagian teks ke suatu file, dan perintah- perintah map. Untuk mengetahui perintah-perintah tersebut, pembaca dapat melihatnya pada manual editorvi pada sistem operasi UNIX dengan mengetikkan manvi pada
prompt, dari sumber-sumber bacaan dari Internet, maupun dari buku-buku UNIX yang
ada.
KEPUSTAKAAN
110
1.
FreeBSD Handbook, The FreeBSD Documentation Project,
Copyright © 1995, 1996, 1997, 1998, 1999 by The FreeBSD Documentation Project,
FreeBSD Inc.
2.
Frank G. Fiamingo, Linda DeBula, L. Condron,
Introduction to UNIX “, University Technology Service, The Ohio State University,
1998
3.
Salim Douba, “Networking UNIX “, Sams Publishing, 1995

Tidak ada komentar:

Posting Komentar