Jumat, 19 November 2010

Fitur FreeBSD

Fitur FreeBSD
Label: FreeBSD

FreeBSD menawarkan banyak fitur lanjutan.

Tidak peduli apa aplikasi, Anda ingin sumber daya sistem anda berkinerja potensi mereka sepenuhnya. FreeBSD fokus pada kinerja, jaringan, dan penyimpanan dengan mudah menggabungkan sistem administrasi dan dokumentasi yang sangat baik untuk memungkinkan Anda untuk melakukan hal itu.
Sebuah sistem operasi lengkap berbasis 4.4BSD.

FreeBSD's dibedakan akar berasal dari BSD software release terbaru dari Computer System Research Group di University of California, Berkeley. Lebih dari sepuluh tahun kerja telah dimasukkan ke dalam meningkatkan BSD, menambahkan SMP terkemuka di industri, multithreading, dan kinerja jaringan, serta tool manajemen baru, sistem berkas, dan fitur keamanan. Akibatnya, FreeBSD dapat ditemukan di seluruh Internet, dalam sistem operasi router inti produk, menjalankan nama root server, hosting situs web utama, dan sebagai landasan untuk banyak digunakan sistem operasi desktop. Ini hanya mungkin karena beragam dan seluruh dunia anggota sukarelawan Proyek FreeBSD.
FreeBSD menyediakan fitur canggih sistem operasi, sehingga ideal di berbagai sistem, dari lingkungan tertanam untuk high-end server multiprosesor.

FreeBSD 7.0, dirilis pada Februari 2008, membawa banyak fitur baru dan peningkatan kinerja. Dengan fokus khusus pada multiprocessing penyimpanan dan kinerja, FreeBSD 7.0 dikirim dengan dukungan untuk Sun's ZFS file system dan kinerja multiprocessing sangat terukur. Tingkatan yang dicapai telah menunjukkan bahwa FreeBSD menyediakan dua kali kinerja MySQL dan PostgreSQL sebagai sistem Linux saat ini di 8-core server.

* SMPng: Setelah tujuh tahun pembangunan pada teknologi dukungan SMP, FreeBSD 7.0 menyadari tujuan berbutir halus skalabilitas linear kernel memungkinkan untuk lebih dari 8 core CPU untuk banyak beban kerja. FreeBSD 7.0 melihat eliminasi yang hampir lengkap dari Giant Lock, menghapus dari penyimpanan CAM lapisan dan NFS klien, dan bergerak ke arah yang lebih halus mengunci dalam subsistem jaringan. Kerja yang signifikan juga telah dilakukan untuk mengoptimalkan penjadwalan dan penguncian kernel primitif, dan yang lainnya memungkinkan thread ULE scheduler CPU afinitas dan per-CPU menjalankan antrian untuk mengurangi overhead dan meningkatkan cache-ramah. Threading yang libthr paket, 1:1 menyediakan threading, sekarang default. Benchmark menunjukkan performa yang dramatis keuntungan dari UNIX ® lainnya sistem operasi pada hardware multicore identik, dan mencerminkan investasi yang panjang di SMP teknologi untuk kernel FreeBSD.
* ZFS filesystem: Sun's ZFS adalah negara-of-the-art sistem berkas menawarkan administrasi sederhana, transaksional semantik, end-to-end integritas data, dan besar skalabilitas. Dari penyembuhan diri untuk built-in kompresi, RAID, foto, dan volume manajemen, ZFS akan memungkinkan administrator sistem FreeBSD dengan mudah mengelola penyimpanan yang besar array.
* 10Gbps optimalisasi jaringan: Dengan perangkat dioptimalkan driver dari semua vendor jaringan 10gbps besar, FreeBSD 7.0 telah melihat optimalisasi luas tumpukan jaringan kinerja tinggi beban kerja, termasuk skala otomatis socket buffer, Segmen TCP offload (TSO), Large Menerima offload (LRO ), tumpukan jaringan langsung pengiriman, dan load balancing dari TCP / IP beban kerja selama beberapa CPU untuk mendukung kartu 10gbps atau bila beberapa antarmuka jaringan yang digunakan secara bersamaan. Penuh dukungan vendor tersedia dari Chelsio, Intel, Myricom, dan Neterion.
* SCTP: FreeBSD 7.0 adalah implementasi referensi untuk IETF baru Stream Control Transmission Protocol (SCTP) protokol, dimaksudkan untuk mendukung VoIP, telekomunikasi, dan aplikasi lain dengan keandalan yang kuat dan kualitas variabel penularan melalui fitur-fitur seperti multi-jalan pengiriman, gagal - atas, dan multi-streaming.
* Wireless: FreeBSD 7.0 kapal dengan peningkatan secara signifikan dukungan nirkabel, termasuk Atheros daya tinggi berbasis kartu, driver baru untuk Ralink, Intel, dan kartu ZyDAS, WPA, pemindaian latar belakang dan roaming, dan 802.11n.
* New hardware arsitektur: FreeBSD 7.0 mencakup secara signifikan meningkatkan dukungan untuk arsitektur ARM tertanam, serta dukungan awal untuk platform Sun UltraSPARC T1.

FreeBSD memiliki sejarah panjang maju pengembangan fitur sistem operasi; Anda dapat membaca tentang beberapa fitur tersebut di bawah ini:

* A bergabung virtual memory dan filesystem buffer cache lagu-lagu terus jumlah memori yang digunakan untuk program dan disk cache. Akibatnya, program menerima baik manajemen memori bagus dan kinerja tinggi akses disk, dan administrator sistem dibebaskan dari tugas tuning ukuran cache.
* Kompatibilitas mengaktifkan modul program untuk sistem operasi lain untuk berjalan di FreeBSD, termasuk program untuk Linux, SCO UNIX, dan System V Release 4.
* Soft Updates filesystem yang memungkinkan peningkatan performa tanpa mengorbankan keselamatan dan kehandalan. Ini meta-data menganalisis operasi filesystem untuk menghindari keharusan untuk melakukan semua operasi mereka serempak. Sebaliknya, mempertahankan keadaan internal tentang penangguhan operasi meta-data dan menggunakan informasi ini untuk men-cache meta-data, rewrite meta-data operasi untuk menggabungkan operasi berikutnya pada file yang sama, dan menyusun ulang operasi meta-data sehingga mereka dapat diproses secara lebih efisien . Fitur seperti memeriksa filesystem latar belakang dan sistem file snapshot yang dibangun di atas dasar konsistensi dan kinerja pembaruan lembut.
* File system snapshot, memungkinkan administrator untuk mengambil snapshot sistem berkas atom untuk tujuan cadangan menggunakan ruang kosong dalam sistem file, serta latar belakang memfasilitasi fsck, yang memungkinkan sistem untuk mencapai mode Multiuser tanpa menunggu pada operasi-operasi pembersihan sistem berkas pemadaman listrik berikut .
* Dukungan untuk Keamanan IP (IP Security) memungkinkan peningkatan keamanan di jaringan, dan dukungan untuk generasi mendatang Internet Protocol, IPv6. FreeBSD IP Security implementasi berisi dukungan untuk berbagai perangkat keras kripto dipercepat.
* Keluar dari kotak mendukung untuk IPv6 melalui IPv6 Kame stack memungkinkan FreeBSD menjadi mulus diintegrasikan ke dalam lingkungan jaringan generasi berikutnya. FreeBSD bahkan kapal dengan banyak aplikasi yang diperluas untuk mendukung IPv6!
* Multi-threaded SMP arsitektur mampu melaksanakan kernel secara paralel pada multiprosesor, dan dengan kernel preemption, memungkinkan kernel tugas prioritas tinggi untuk mendahului kegiatan kernel lainnya, mengurangi latency. Ini termasuk multi-threaded tumpukan jaringan dan multi-threaded subsistem memori virtual. Dimulai dengan FreeBSD 6.x, dukungan untuk paralel penuh VFS memungkinkan sistem file UFS untuk dijalankan pada beberapa prosesor secara bersamaan, memungkinkan berbagi beban CPU-intensif I / O optimasi.
* M: N aplikasi threading melalui pthreads mengizinkan benang untuk mengeksekusi pada beberapa CPU dalam cara yang terukur, pemetaan banyak pengguna benang ke sejumlah kecil Kernel Schedulable Entitas. Dengan mengadopsi Aktivasi Penjadwal model, pendekatan threading dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik berbagai aplikasi.
* Netgraph pluggable tumpukan jaringan memungkinkan pengembang untuk secara dinamis dan mudah memperluas tumpukan jaringan melalui jaringan berlapis-lapis bersih abstraksi. Netgraph node dapat mengimplementasikan berbagai layanan jaringan baru, termasuk enkapsulasi, tunneling, enkripsi, dan kinerja adaptasi. Akibatnya, cepat dan produksi prototipe ditingkatkan penyebaran layanan jaringan dapat dilakukan jauh lebih mudah dan dengan sedikit bug.
* MAC Framework extensible TrustedBSD keamanan kernel, yang memungkinkan pengembang untuk menyesuaikan model keamanan sistem operasi untuk lingkungan tertentu, dari pengerasan membuat kebijakan untuk menggelar wajib diberi label kebijakan kerahasiaan integritas. Contoh kebijakan keamanan mencakup Multi-Level Security (MLS), dan Perlindungan Integritas Biba. Modul pihak ketiga termasuk SEBSD, sebuah FLASK berbasis pelaksanaan Tipe Penegakan.
* TrustedBSD Audit adalah layanan penebangan peristiwa keamanan, menyediakan berbutir halus, aman, handal sistem penebangan peristiwa melalui layanan audit. Administrator dapat mengkonfigurasi sifat dan rincian penebangan by user, file pelacakan mengakses, perintah dijalankan, aktivitas jaringan, sistem login, dan berbagai perilaku sistem lainnya. Audit pipa IDS memungkinkan alat untuk melampirkan ke kernel dan berlangganan layanan audit pada peristiwa-peristiwa yang mereka butuhkan untuk pemantauan keamanan. FreeBSD mendukung standar-industri BSM format file jejak audit dan API, yang memungkinkan BSM yang ada alat untuk menjalankan dengan sedikit atau tanpa modifikasi. Format file ini digunakan pada Solaris dan Mac OS X, yang memungkinkan interoperabilitas dan bersatu instan analisis.
* GEOM lapisan penyimpanan pluggable, yang memungkinkan layanan penyimpanan baru yang akan dikembangkan dan bersih dengan cepat diintegrasikan ke dalam subsistem penyimpanan FreeBSD. GEOM menyediakan model yang konsisten dan koheren untuk menemukan dan layering layanan penyimpanan, sehingga memungkinkan untuk lapisan layanan seperti manajemen volume RAID dan mudah.
* FreeBSD's GEOM Berbasis Disk Encryption (GBDE), memberikan perlindungan kriptografi yang kuat menggunakan GEOM Framework, dan dapat melindungi file sistem, swap perangkat, dan penggunaan media penyimpanan.
* Kernel Queues memungkinkan program untuk merespons secara lebih efisien untuk berbagai acara termasuk asynchronous file dan soket IO, meningkatkan kinerja sistem dan aplikasi.
* Terima Filter memungkinkan koneksi-aplikasi yang intensif, seperti web server, untuk mendorong bersih bagian dari fungsi mereka ke kernel sistem operasi, meningkatkan kinerja.

FreeBSD menyediakan banyak fitur keamanan untuk melindungi jaringan dan server.

Pengembang FreeBSD adalah sebagai mengkhawatirkan keamanan karena mereka tentang kinerja dan stabilitas. FreeBSD termasuk dukungan kernel untuk IP stateful firewall, serta layanan lainnya, seperti IP proxy gateway, daftar kontrol akses, kontrol akses wajib, berdasarkan penjara virtual hosting, dan dilindungi cryptographically penyimpanan. Fitur-fitur ini dapat digunakan untuk mendukung hosting sangat aman saling tak percaya pelanggan atau konsumen, yang kuat segmen jaringan partisi, dan pembangunan jaringan pipa aman untuk menggosok dan informasi informasi kontrol aliran.

FreeBSD juga termasuk dukungan untuk perangkat lunak enkripsi, aman kerang, Kerberos authentication, "virtual server" dibuat menggunakan penjara, chroot-ing aplikasi layanan untuk membatasi akses ke sistem file, Secure RPC fasilitas, dan akses untuk layanan daftar yang mendukung TCP wrappers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar